5/02/2014

Unboxing Smartphone V-Gen C1 Diablo Review

Sobat sekalian, berikut saya sharingkan review untuk smartphone Android paling gres bulan April / May 2014. V-Gen akhirnya mengkonfirmasi keturut sertaanya mereka di ajang smartphone Android. Di bulan April 2014, V-Gen me-release beberapa variant Android nya, yaitu V-Gen R01, V-Gen C1, V-Gen R1 dan yang paling top adalah V-Gen S1.

Di artikel ini kita akan melihat lebih dekat ke V-Gen C1 Diablo.
Sekilas spesifikasi umumnya V-Gen C1 Diablo adalah:

QUAD CORE CPU 1.3 GHz (namun di box nya tertulis 1.2 GHz)
Chipsetnya adalah MTK6582
1 GB RAM dan 4 GB ROM Internal Memory
bisa Up to 32 GB MicroSD External Memory support
Display: 5" inch QHD
OS: Android 4.2.2 Jellybean OS
Dual SIM - ingat SIM card slot ke-dua berukuran mini SIM
connections: HSDPA, Wi-Fi, Bluetooth , GPS ready
camera: 5 MP dan 2 MP frontside

colors: white dan black

Desain Exterior / Penampilan luar
- Dari segi desain exterior, tampilan V-Gen C1 sangat elegan. Finishnya yang menggunakan hard plastic membuat tampilan luar V-Gen C1 kinclong mengkilat. Terutama jika anda memilih warna putih.
- Desain tombol adalah: sebelah kanan POWER dan sebelah kiri VOLUME. Keuntungan desain ini adalah jika anda ingin melakukan screenshot memungkinkan untuk dilakukan dengan satu tangan saja! Kelemahannya, jika dipasang cover flip, jadi sulit untuk dijangkau.
- Desain lubang-lubang adalah: jack audio di atas, USB charging dan data ada di bawah
- Desain lubang SIM Card cukup compact, ingat SIM card ke - 2 adalah mini SIM. (lihat gambar)
- Juga dilengkapi indikator LED, yang cukup membantu menyala waktu sedang charging atau ada notification



Kamera
- Kamera V-Gen C1 cukup standard saja. Dengan batasan fisik sampai 5 MP di aplikasi camera bawaannya mencantumkan bahwa bisa dipush sampai 6 MP. Kualitas AutoFocus nya berfungsi baik, namun seperti camera kelas menengah begini, jangan terlalu berharap untuk melakukan focusing jarak terlalu dekat, alias macro. Jadi dengan bekal applikasi pabrik, tidak bisa mendapatkan foto gaya DSLR yang bokeh-bokeh an di backgroundnya. Saran: pasang aplikasi kamera third-party!
- LED juga berfungsi baik, posisi LED yang berada di bawah lensa selalu membuat sindrome foto jarak dekat dengan kondisi cahaya justru dibawah objek. Namun posisi LED ini popular ada di hampir semua merek smartphone!
- Camera frontview hanya 2 MP. Melihat maraknya trend selfie , seharusnya smartphone bisa mulai menaikkan spec camera muka ini agar bisa bersaing boss!

Screen
- Layar V-Gen C1 ukurannya adalah 5 inch. Ukuran ini lagi popular dan memang pas di tangan.
- V-Gen C1 sudah IPS, namun tidak ada proteksi corning Gorilla, jadi jangan main kasar dengan screennya.
- Respon touch screen sudah standar dan tidak ada masalah
- Sensor AUTO brightness nya terlalu agresif, sehingga membuat layar terang gelap tidak konsisten dalam waktu yang singkat. rekomendasi, jangan pakai settingan Auto.

Battery
- Kapasitas baterai adalah 1900 mAh, hasil test untuk pemakaian normal sekitar 1 hari+ saja.
- Waktu charging menggunakan charger bawaan cukup lama, kurang lebih 2 jam.
- Updated: Batery V-Gen C1 ini cukup tricky. Hal ini dikarenakan ada fenomena di mana  indikator pemakaian battery sedikit tidak real time dengan pemakaian sebenarnya. Artinya kadang indikator ini terdiam di angka persentase tertentu, kemudian setelah beberapa saat baru di update lagi. Pada waktu sedang busy pemakaian aplikasi, fenomena ini bisa terjadi. Hal serupa juga terjadi jika kita meng-charge batterai nya, maka perlu waktu beberapa menit sebelum indikator battery mulai bereaksi (angka persentasenya mulai naik). Update 2: dari pantauan sejak unboxing, battery nya BAGUS. Kondisi pemakaian standar bisa bertahan 1d12h, alias satu setengah harian lebih. TIPS: JANGAN TERKECOH ANGKA PERSENTASE BATTERYnya, bisa saja indikator berada di angka 7%, tapi sebenarnya masih bertahan cukup lama.

Aplikasi
- V-Gen C1 membawa banyak aplikasi utama seperti BBM, Whatsapp, Aldiko, Facebook, Twitter, Skype, Angry Bird Space dll. Namun yang jadi masalah adalah aplikasi tersebut terinstall sejak versi bulan Januari 2014. Artinya semua perlu diupdate kembali, mengingat rilisnya bulan April.
- V-Gen menyertakan satu hal spesial yaitu V-Gen Apps yang mirip Play Store. Namun dari hasil melihat-lihat, banyak aplikasi yang tidak ada di V-Gen Apps ini dan kerap kali muncul pesan "No Data".
- Yang juga cukup menarik, C1 memberikan empat pilihan launcher (Outdoor, TechPlay, Older Launcher, Interstellar). Bagi yang kurang suka Classic Launcher di C1 yang sangat basic dan tampilan ico aplikasi yang bertaburan di 'desktop', anda bisa pasang launcher tambahan ini. Tentunya kalo kurang puas tinggal menginstall launcher third party, misalnya NUVO launcher.

Harga dan Bonus
- Harga V-Gen C1 Diablo secara Jawa dan Kalimantan seperti dipatok di angka Rp. 1.488.000 saja. Ini adalah harga yang sangat bersahabat dan kompetitif untuk spec nya.
- Termasuk dalam box nya adalah sebuah casing cover yang berlayar kecil, mirip untuk feature S Screen di Samsung.
- Phone sudah dalam kondisi terpasang screen protectornya.
- Kabel charger USB dan headphone standard.

UPDATED: V-Gen C1 belum mendukung connection OTG ke media eksternal, misalnya flash / thumb drive.

Overall : V-Gen C1 sangat kompetitif di kelas Quad Core, 5 inch, 1 GB RAM. Saingannya yang mirip seperti Axioo Picophone 4 GDX.


Foto-foto review Smartphone Android V-Gen C1 Diablo

Selain smartphone V-Gen C1, berikut isi box nya

tampilan opening V-Gen C1 ... graphic desainnya masih bisa agak kurang keren dan mengreget


posisi landscape di tangan

tampilan exterior , front dan back cover

posisi portrait di tangan

isi dalam dan configurasi dual SIM card dan Micro SD


V-Gen C1 - Antutu test

V-Gen C1 AnTuTu Benchmark ranking

AnTuTu details





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...