5/16/2015

Batu Permata di 12 Pondasi Yerusalem Baru menurut Wahyu 21

seri "Demam Batu di Alkitab" terus kita lanjutkan.......
ini adalah deskripsi tentang referensi-referensi batu permata / gemstone yang tercatat di Alkitab. Seperti kita ketahui, di dunia Alkitab sendiri banyak sekali disebutkan mengenai bermacam-macam batu permata, rupanya sejak jaman tersebut "demam" batu sudah ada.

Yang akan kita simak sekarang adalah perikop akhir di Alkitab yang tertera di Wahyu 21:18-20. Ini adalah Wahyu dari Yohanes mengenai bentuk dan wujud Yerusalem Baru / New Jerusalem. Deskripsinya cukup detail dan yang menarik adalah terdapat 12 batu permata di pondasi (dasar) kota tersebut. Sehubungan dengan kitab Wahyu yang ditulis dengan bahasa Yunani dan sudah ada di jaman yang lebih modern ketimbang di Perjanjian Lama, maka identifikasi batu gem-nya lebih gampang dilakukan. Berikut terjemahan LAI :

21:18   Tembok itu terbuat dari permata yaspis; dan kota itu sendiri dari emas tulen, bagaikan kaca murni.
21: 19   Dan dasar-dasar tembok kota itu dihiasi dengan segala jenis permata. Dasar yang pertama batu yaspis, dasar yang kedua batu nilam, dasar yang ketiga batu mirah, dasar yang keempat batu zamrud,
21:20     dasar yang kelima batu unam, dasar yang keenam batu sardis, dasar yang ketujuh batu ratna cempaka, yang kedelapan batu beril, yang kesembilan batu krisolit, yang kesepuluh batu krisopras, yang kesebelas batu lazuardi dan yang kedua belas batu kecubung.


18: And the building of the wall of it was of jasper: and the city was pure gold, like unto clear glass. 19: And the foundations of the wall of the city were garnished with all manner of precious stones. The first foundation was jasper; the second, sapphire; the third, a chalcedony; the fourth, an emerald; 20: The fifth, sardonyx; the sixth, sardius; the seventh, chrysolite; the eighth, beryl; the ninth, a topaz; the tenth, a chrysoprasus; the eleventh, a jacinth; the twelfth, an amethyst."  (KJV Rev:21)

12 Batu-batu permata di dasar Yerusalem Baru :

No
Indonesia (TB)
Yunani
English
1
Yaspis
ἴασπις - IASPIS
2
Nilam
σάπφιρος - SAPPHIROS
3
Mirah
χαλκηδών - KHALKÊDÔN
4
Zamrud
σμαράγδινος - SMARAGDINOS
5
Unam
σαρδόνυξ - SARDONUX
6
Sardis
σάρδιον - SARDION
7
Ratna Cempaka
χρυσόλιθος - KHRUSOLITOS
8
Beril
βήρυλλος - BÊRILLOS
9
Krisolit
τοπάζιον - TOPAZION
10
Krisopras
χρυσόπρασος - KHRUSOPRASOS
11
Lazuardi
ὑάκινθος - HUAKINTHOS
12
Kecubung
ἀμέθυστος - AMETHUSTOS

ke-12 batu permata ini juga mewakili 12 rasul Perjanjian Baru, hanya saja tidak dituliskan secara spesifik batu apa dan dengan rasul siapa.

Berikut ilustrasi grafis 12 batu permata Pondasi Yerusalem Baru menurut Wahyu 21:



Lihat juga artikel "Demam Batu di Alkitab" :


12 Batu Permata di Dada Jubah Imam Tinggi menurut Keluaran 28

Batu Permata di Taman Eden menurut Yehezkiel 28



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...