8/22/2015

Novel Seri Empat Petualang - Enid Blyton

Seri Empat Petualang dari pengarang terkenal Enid Blyton adalah yang paling sedikit bukunya. Hanya ada 2 buku di seri Empat Petualang ini. Judul asli dari seri ini adalah The Adventurous Four. Dalam Bahasa Indonesia, kedua buku diterjemahkan dengan judul yang lebih menarik, yaitu buku pertama berjudul "Gua Penyelundup" dan buku kedua "Pangkalan Rahasia".
Empat Petualang bercerita tentang Jill, Mary, Tom, dan Andy. Jill dan Mary adalah saudara kembar, Tom adalah abang tertuanya. Andy adalah si anak nelayan yang menjadi sahabat mereka. Dengan latar belakang karakter demikian, cerita Empat Petualang mengikuti template seperti di seri Komplotan (Barney Series) dan Empat Serangkai (Secret Series), di mana karakternya adalah kakak beradik + 1 karakter non keluarga, seperti Jack dan Barney.

Dua buku Empat Petualang diterjemahkan oleh penerbit Gramedia di Indonesia di tahun 1980an. Selanjutnya Enid Blyton sebenarnya juga menulis cerita pendek dengan tokoh Jill, Mary, Tom dan Andy, berjudul The Adventurous Four Omnibus. Pengarang Clive Dickinson mengembangkan cerita pendek ini menjadi satu novel , yaitu buku ketiga berjudul The Adventurous Four : Trapped. Sayang sepertinya buku ini tidak ada terjemahan Bahasa Indonesia nya.

Two books of The Adventurous Four were translated into Bahasa Indonesia. Again, the local publisher retitled the two books to make it more appeal to readers. The first book retitled as "Secret Base" and the second as "The Smuggler Cave". The third book by Clive Dickinson, The Adventurous Four :Trapped! never appeared in Bahasa Indonesia.

Tokoh Empat Petualang :
Jill, Mary, Tom, Andy

1
The Adventurous Four (Shipwrecked!)
Pangkalan Rahasia
2
The Adventurous Four Again (Stranded!)
Gua Penyelundup


Cover sampul buku Empat Petualang dari edisi aslinya berbahasa Inggris, karya Enid Blyton

The Adventurous Four cover design in Bahasa Indonesia version, printed in the '80s

Lihat Juga Link-link di blog ini mengenai Enid Blyton:
- Enid Blyton Revisit Part 1Part 2 - Foto Enid Blyton
Novel Seri Petualangan - Enid Blyton
Novel Seri Lima Sekawan - Enid Blyton
Novel Seri Pasukan Mau Tahu - Enid Blyton
Novel Seri Komplotan - Enid Blyton
Novel Seri Empat Serangkai - Enid Blyton
Novel Seri Empat Petualang - Enid Blyton
Novel Seri Sapta Siaga - Enid Blyton

tags: download novel buku, unduh ebook enid blyton gratis, komik buku jadul delapan puluhan , jadul 1980an, nostalgia masa kecil, baca buku enid blyton


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...