8/17/2015

Novel Seri Petualangan - Enid Blyton

Ini adalah seri buku-buku petualangan karya pengarang Inggris yang sangat populer, Enid Blyton. Mari kita mulai dengan seri yang pertama, yaitu seri Petualangan atau di bahasa aslinya The Adventure Series.

Ada 8 buku di seri ini, sebetulnya Enid Blyton hanya merencanakan 6 buku, tapi setelah banyaknya permintaan dari penggemar, dua buku tambahan ditulisnya, yaitu Petualangan di Sirkus Asing dan Petualangan di Sungai Ajaib.

Seri Petualangan ini berkisah tentang 4 remaja:
Philip Mannering, Lucy-Ann Trent  usia 11, Jack Trent  usia 14, dan Dinah Mannering  usia 12. Philip dikenal sebagai remaja yang suka dengan binatang dan diyakini bisa "berkomunikasi" dengan hampir semua hewan. Ada juga Jack yang sangat gemar mengamati burung dan bercita-cita menjadi ornithologist, yaitu pakar burung. Dua remaja puteri yaitu Lucy-Ann dan Dinah, adiknya Philip. Lalu tokoh hewan disini adalah si Kiki, si burung kakaktua merah dengan jambul abu-abu.

Seri Petualangan berbeda dengan seri Lima Sekawan atau Pasukan Mau Tahu karena buku-bukunya lebih tebal sampai 300-400 halaman. Ceritanya juga lebih intensif dan berat, lebih cocok untuk remaja 10 tahun ke atas. Berikut daftar bukunya:

Enid Blyton's Adventure Series is one of her very popular books. They are much thicker than other series such as Famous Five or Five Find-Outers. The Adventure Series had been translated into Bahasa Indonesia with faithful translation of each title, but the Indonesian version added extra descriptive word to each title. For example, The Castle of Adventure translated to The Adventure in Hawk Castle, or The River Of Adventure translated to The Adventure of Magic River. All books translated in the '80s and read by many Indonesia young adult. 

No
Title
Judul
1
 The Island of Adventure (1944, Mystery Island (US), 1945)
Petualangan di Pulau Suram
2
Petualangan di Puri Rajawali
3
Petualangan di Lembah Maut
4
Petualangan di Laut Sunyi
5
Petualangan di Gunung Bencana
6
Petualangan di Kapal Pesiar
7
Petualangan di Sirkus Asing
8
Petualangan di Sungai Ajaib

Contoh cover buku originalnya:


Cover Buku Seri Petualangan edisi Terbaru dari Gramedia:

Deskripsi setiap buku:

Petualangan di Puri Rajawali
Karena ingin mencari sarang rajawali, Philip, Jack, Dinah, Lucy-Ann, dan Kiki akhirnya tiba di puri di atas bukit. Dengan bantuan Tassie, mereka bahkan berhasil masuk ke puri tua yang angker itu. Ternyata puri itu tidak hanya angker, tapi juga misterius! Puri itu sudah lama tak berpenghuni. Tapi malam-malam ada isyarat lampu senter dari menara puri. Ada juga ruang tersembunyi di bawah tanah, dengan sederetan baju zirah menyeramkan, tempat tidur antik, dan pintu di balik permadani yang menuju lorong rahasia!

Dan kali ini Kiki yang cerewet mendapat saingan---Button, anak rubah yang cerdik. Kalau tak ada Button dan Tassie, entah apa jadinya dengan keempat anak yang terkurung di puri tua itu!

Petualangan di Sungai Ajaib
Sungai yang diarungi Philip, Jack, Dinah, dan Lucy-Ann mulanya kelihatan biasa saja.  Tiba-tiba arusnya menyeret mereka ke dalam petualangan paling aneh di antara sekian banyak yang sudah pernah mereka alami.  Sungai itu menghilang ke bawah tanah, dan kemudian anak-anak itu sampai di berbagai tempat yang serba menakjubkan.  Dan siapakah itu yang datang sambil mengetuk-ngetuk dinding yang terbentang di bawah tanah?

Petualangan di Laut Sunyi
Philip, Jack, Dinah, dan Luck-Ann gembira sekali mendapat kesempatan berlibur di kepulauan lepas pantai utara Inggris. Apalagi dalam liburan kali itu mereka tidak hanya ditemani Kiki si burung kocak dan konyol, tetapi juga Bill—yang sementara waktu memang harus “menghilang”, menghindari musuh-musuhnya.

Tetapi liburan yang menyenangkan itu segera berubah menjadi liburan yang menegangkan. Pesawat terbang misterius berkeliaran di sekitar kepulauan tersebut dan menjatuhkan sesuatu dari dalamnya. Ada orang yang datang ke Pulau Puffin—pulau yang menjadi pangkalan mereka. Orang itu menghancurkan mesin perahu dan pesawat pemancar di perahu mereka dan menculik Bill. Lebih gawat lagi badai kemudian menghancurleburkan perahu mereka.

Misteri apa yang sedang berlangsung di kepulauan lepas pantai utara Inggris itu? Bagaiman mereka bisa meloloskan diri dari Pulau Puffin? Dan juga, bagaimana mereka bisa menyelamatkan Bill dari cengkeraman penculiknya?

Petualangan di Pulau Suram
Philip, Jack, Dinah, dan Lucy-Ann yang berlibur ke Craggy-Tops sama sekali tidak mengira akan menjumpai begitu banyak hal yang mengejutkan.

Tinggal dalam sebuah rumah tua separuh bobrok di atas karang terjal sudah merupakan keasyikan tersendiri bagi mereka. Belum lagi ditambah dengan pelayan aneh berkulit hitam, Pulau Suram yang misterius, dengan tambang tembaga yang sudah lama terlupakan serta orang-orang yang bekerja secara rahasia di sana, lorong-lorong rahasia, dan sebuah lorong di bawah laut!

Semuanya membuat petualangan yang dialami keempat anak itu bukan hanya menegangkan, tapi juga penuh bahaya.

Dan Kiki, burung kakaktua Jack yang selalu berbicara kocak, membuat petualangan itu semakin seru.


Petualangan di Gunung Bencana
Jack, Philip, Dinah, dan Lucy-Ann terpaksa harus pergi berkemah sendiri ke Lembah Kupu-kupu, diantar oleh Pak David, pemilik keledai-keledai yang mereka tunggangi. Bill dan Bu Mannering tidak jadi ikut, karena sehari sebelum berangkat, Bu Mannering mendapat cedera di tangannya.

Suasana liburan berubah ketika kabut tebal datang, dan mereka tersesat keluar dari jalur arah Lembah Kupu-kupu. Mau tidak mau mereka harus berkemah di suatu lembah yang tidak mereka ketahui namanya. Alangkah terkejutnya mereka ketika menemukan bahwa di tempat itu berkeliaran sekawanan serigala! Aneh sekali, karena sudah sejak lama di daerah pegunungan itu tidak pernah lagi ada serigala.

Ketegangan semakin memuncak tatkala Pak David dan keledai-keledainya lari meninggalkan mereka, setelah ia berteriak, “Hitam, hitam!” Banyak kejadian misterius di gunung itu, di antaranya suara gemuruh dan asap kemerah-merahan yang keluar dari perut gunung, tanah yang bergetar—padahal gunung itu bukan gunung berapi.

Apakah yang sedang terjadi di dalam gunung itu? Apakah yang dilihat oleh Pak David, sehingga ia begitu ketakutan? Akan pernah sampaikah mereka ke Lembah Kupu-kupu yang mereka tuju?...

Petualangan di Lembah Maut
Lembah maut... lembah petualangan! Baik Jack, Philip, Dinah, Lucy-Ann, maupun Kiki, tak ada yang menyangka mereka akan terdampar di lembah tanpa penghuni itu. Mereka sebetulnya hanya akan pesiar di malam hari, dengan pesawat Bill. Tapi mereka keliru naik pesawat penjahat! Dan tanpa sepengetahuan para penjahat, mereka terbawa ke lembah maut. Betul mereka kemudian berhasil meloloskan diri dari pesawat. Dan bahkan berhasil menemukan gua harta yang sudah lama dicari-cari para penjahat. Tapi apa gunanya, jika akhirnya mereka sendiri malah terperangkap dalam gua itu?...

Petualangan di Sirkus Ajaib
Empat Sekawan—Jack, Philip, Dinah, dan Lucy-Ann—terlibat petualangan menegangkan dengan Gussy, tamu mereka yang aneh dan tingkahnya selalu menimbulkan teka-teki.  Siapa dia, anak lelaki yang suka marah-marah dan memerintah ini? Dialah yang menyebabkan selruh keluarga terlibat dalam keadaan sulit dan berbahaya—puri dan sirkus di negeri asing, lorong-lorong rahasia, melarikan diri di tengah malam—dan hal-hal lain yang lebih seru.

Petualangan di Kapal Pesiar
Baik Philip, Dinah, Jack, maupun Lucy-Ann tidak mengira bahwa perjalanan mereka dengan kapal pesiar Viking Star akan membawa mereka ke dalam suatu petualangan baru yang mene­gangkan.

Ketika mereka singgah di Pulau Amulis, Lucy-Ann membeli hiasan kapal dalam botol sebagai hadiah ulang tahun Philip. Kapal petualangan!—Ya, kapal-kapalan itu ternyata sudah tua sekali umurnya dan di dalamnya terdapat peta kuno—peta yang membawa mereka ke pulau mati—kota kuno yang rusak—penelusuran jalan harta—menuju harta Andra!

Sayang, bukan hanya mereka yang tahu tentang harta Andra tersebut. Walaupun peta kuno itu telah dibagi empat oleh Jack dan masing-masing menyimpan potongan tersebut baik-baik, toh orang lain yang juga menginginkan peta tersebut berhasil melihat dua potongan peta.

Dapatkah Jack, Philip, Dinah. Lucy-Ann—dan tentu saja Bill Smugs—mencapai harta Andra yang tersembunyi di bawah kota kuno itu? Atau sudah kedahuluan oleh orang lain?

Lihat Juga Link-link di blog ini mengenai Enid Blyton:
- Enid Blyton Revisit Part 1Part 2 - Foto Enid Blyton
Novel Seri Petualangan - Enid Blyton
Novel Seri Lima Sekawan - Enid Blyton
Novel Seri Pasukan Mau Tahu - Enid Blyton
Novel Seri Komplotan - Enid Blyton
Novel Seri Empat Serangkai - Enid Blyton
Novel Seri Empat Petualang - Enid Blyton
Novel Seri Sapta Siaga - Enid Blyton

tags: download novel buku, unduh ebook enid blyton gratis, komik buku jadul delapan puluhan , jadul 1980an, nostalgia masa kecil, baca buku enid blyton

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...