8/20/2015

Novel Seri Empat Serangkai - Enid Blyton

Ini juga merupakan seri novel petualangan remaja yang lebih jarang dibaca yang ditulis oleh Enid Blyton. Dalam bahasa aslinya seri Empat Serangkai disebut sebagai the Secret Series. Semua judul originalnya dimulai dengan kata Secret of ........ Empat Serangkai terdiri dari 3 bersaudara Peggy, Mike dan Nora Arnold. Mereka ditemani Jack yang sangat pemberani , petualang dan banyak akalnya. Di buku pertama, Pulau Rahasia, keempat serangkai tidak bercerita tentang petualangan mereka menumpas kejahatan, namun di buku ini berpusat pada tema survival. Empat Serangkai terpaksa minggat ke pulau rahasia karena tidak tahan dengan kehidupan mereka yang susah setelah orang tua keluarga Arnold menghilang. Peggy,Mike dan Nora dipaksa hidup di rumah paman dan bibi mereka yang suka bully dan semena-mena. Bersama Jack mereka minggat ke Pulau Rahasia. Buku pertama ini hanya bercerita tentang bagaimana mereka bertahan hidup, namun Enid Blyton berhasil membuat tema sederhana ini menjadi kaya dan endingnya pun mengharukan.

Baru setelah di buku kedua, hadir lah karakter Pangeran Paul dari kerajaan Baronia. Dengan lima tokoh ini, petualangan Empat Serangkai selanjutnya punya keunikan yaitu adalah sosok pangeran Paul yang bisa membuka peluang petualangan mereka menjadi luar biasa, ada unsur politik dan mereka pun punya resources yang berlimpah.

Enid Blyton hanya menulis 5 buku original mengenai Empat Serangkai. Di tahun 2009 Trevor J. Bolton menulis sequel keenam berjudul "The Secret Valley". Gramedia menerbitkan semua buku Empat Serangkai di tahun 1980an, namun sepertinya tidak ada lagi cetak ulang di era 2010s.

The Secret Series from Enid Blyton is also lesser known in Indonesian readers. The series translated as "Empat Serangkai" or Four Friends. All books titles easily translated into Bahasa Indonesia without alterations. This book characterized with the present of Prince Paul character, which make their adventure become geographically more wide (across Europe) and unlimited resources. Unfortunately there are no new print edition from this series going on in Bahasa Indonesia.

Karakter Empat Serangkai:
Peggy Arnold, Mike Arnold, Nora Arnold, Jack, Prince Paul of Baronia

Daftar Judul Buku Empat Serangkai Enid Blyton
1
Pulau Rahasia
2
Rahasia Lorong Spiggy
3
Gunung Rahasia
4
    The Secret of Killimooin (The Secret Forest)
Rahasia Pegunungan Killimooin
5
Rahasia Kastil Bulan

The cover design of The Secret Series translated into Bahasa Indonesia as Empat Serangkai, Enid Blyton - 1980s era.

contoh cover design The Secret Series dari seri Empat Serangkai - Enid Blyton dari bahasa Inggris

the new cover design edition of The Secret Series by Enid Blyton
Go to your blog list
Lihat Juga Link-link di blog ini mengenai Enid Blyton:
- Enid Blyton Revisit Part 1, Part 2 - Foto Enid Blyton
- Novel Seri Petualangan - Enid Blyton
- Novel Seri Lima Sekawan - Enid Blyton
- Novel Seri Pasukan Mau Tahu - Enid Blyton
- Novel Seri Komplotan - Enid Blyton
- Novel Seri Empat Serangkai - Enid Blyton
- Novel Seri Empat Petualang - Enid Blyton
- Novel Seri Sapta Siaga - Enid Blyton

tags: download novel buku, unduh ebook enid blyton gratis, komik buku jadul delapan puluhan , jadul 1980an, nostalgia masa kecil, baca buku enid blyton


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...